Tips Persiapan Puasa Untuk Para Penderita Lambung yang Bermasalah

Reading time:

Puasa hanya tinggal menghitung hari, ini artinya tidak lama lagi seluruh umat Muslim di dunia akan dihadapkan pada ibadah wajib berpuasa. Menahan lapar, haus dan menahan diri dari hawa nafsu adalah poin utama dari menjalankan ibadah puasa ini. Mereka yang sudah baligh dan sanggup menjalankan ibadah yang satu ini diwajibkan untuk dapat menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh.

Sayangnya demikian, ada beberapa orang yang sudah meniatkan diri untuk dapat menjalankan ibadah puasa ini. Namun harus terkendala dengan kondisi kesehatan yang kerap kali menyiksa pada saat mereka membiarkan perut mereka kosong. Salah satunya adalah mereka yang mengalami masalah dengan lambung.

Penyakit maag dan penderita asam lambung memang tidak bisa membiarkan pola makan mereka berantakan atau tak beraturan. Membiarkan perut kosong tanpa diisi dengan makanan akan mungkin membuat masalah penyakit ini dapat kambuh dan semakin parah.

Masalahnya, ketika penyakit maag bermasalah dan kambuh. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan gejala perih dan nyeri pada lambung seperti ditusuk-tusuk. Akan tetapi, disamping keinginan besar untuk menjalankan ibadah puasa wajib sudah menggebu-gebu.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Tak perlu khawatir, untuk anda yang ingin menjalani ibadah puasa namun memiliki masalah dengan penyakit maag. Mari simak solusi maag dibawah ini.

Tips Persiapan Puasa Untuk Para Penderita Lambung Bermasalah

Puasa Untuk Para Penderita LambungSakit maag atau lambung dengan puasa memang bukanlah dua hal yang baik untuk disatukan bersama-sama. Membiarkan perut kosong selama beberapa saat akan membuat kondisi ini semakin parah. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir mari kita simak beberapa tips persiapan puasa untuk para penderita lambung bermasalah dibawah ini.

Konsultasikan dengan Dokter ahli

Hal penting pertama yang penting untuk anda lakukan ketika hendak menjalankan ibadah puasa untuk para penderita maag bermasalah adalah dengan mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa parah kondisi lambung bermasalah yang sedang anda hadapi.

Ketika dokter memeriksa kondisi kesehatan anda maka ini akan menjadi penentu tentang seberapa mampu tubuh anda mampu menjalankan ibadah puasa. Dalam artian lain usulan yang telah diberikan dokter tentang boleh atau tidaknya anda menjalankan ibadah puasa sudah melewati banyak pertimbangan. Jadi demikian, penting sekali mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter sebelum anda memutuskan menjalankan ibadah puasa wajib ini.

Perhatikan Asupan Makanan

Menu makanan adalah asupan penting yang perlu diperhatikan oleh para penderita lambung bermasalah. Saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya hindari konsumsi makanan yang berminyak, pedas dan minuman dengan kandungan kafeine. Beberapa daftar makanan ini adalah apa yang bisa menyebabkan penyakit lambung anda menjadi kambuh. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah-masalah ini dengan baik.

Hindari Makan yang Berlebihan Saat Sahur

Terkadang beberapa orang khawatir merasa kelaparan pada saat siang hari akan cenderung menyantap menu makan sahur dengan sangat berlebihan. Hal ini seringkali dilakukan secara tidak sadar. Namun untuk anda yang menderita maag, hal ini bukanlah hal baik yang layak untuk ditiru. Makan yang berlebihan pada saat sahur dan berbuka akan membuat anda merasa begah. Kondisi ini pun seringkali menimbulkan kondisi yang tidak nyaman.

Untuk itu, maka perhatikan kembali masalah ini dengan sangat baik. Makanlah secukupnya atau lakukan metode makan secara perlahan dengan porsi yang lebih banyak. Hal ini akan lebih baik dibandingkan makan dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat dan bisa memberikan anda pengetahuan tentang menjalankan ibadah puasa yang lebih baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *