Penyakit yang dapat menyerang ayam

Reading time:

 

Penyakit yang dapat menyerang ayam

Tidak hanya manusia saja yang rentan terkena penyakit begitu pula dengan hewan juga bisa terkena virus atau bekteri yang mengakibatkan hewan itu sakit bahkan bisa juga menimbulkan kematian pada hewan. Berikut kami sampaikan beberapa penyakit yang dapat menyerang ayam adalah :

Pilek (Cold)

Penyakit ini bersifat menular dan scring terjadi akibat perubahan musim, dari musim kemarau ke musim hujan. Perbedaan cuaca yang ekstrem akan mempengaruhi kondisi kesehatan ayam. Penyakit ini menyerang hampir semua umur ayam, terutama ayam dewasa. Angka kematiannya tidak terlalu besar, sekitar 30%, tetapi tingkat kesakitan (morbiditas) sampai 80%. Ayam betina umur 18-23 minggu paling rentan terserang penyakit ini. Ayam yang sedang bertelur, bila bisa disembuhkan, biasanya produksinya menurun sampai 25%.

  • Gejala penyakit ini akan terlihat sebagai berikut.
  • Banyak lendir keluar dari hidung, berupa cairan pekat berwarna kekuningan dan berbau khas.
  • Terdapat kerak di sekitar hidung.
  • Mata tertutup sebagian akibat pembengkakan sinus infra orbital.
  • Muka bengkak, ngorok, dan sukar bernapas.
  • Pertumbuhannya menjadi lamban atau terganggu.

Cara mencegah penyakit ini dengan memberikan vaksin pada umur 12 minggu dan 17 minggu dengan vaksin snot inakrif (Haemovax 0,3 ml/ ekor). Untuk pengobatan bisa diberikan obat antibionka seperti Ultramycin.

Gumboro

Penyakit gumboro menyerang kekebalan tubuh ayam, terutama di bagian fibrikus dan thymus. Kedua bagian ini merupakan benteng pertahanan tubuh ayam. Pada kerusakan yang parah, antibodi tidak terbentuk. Serangan gumboro mirip gejala serangan HIV yang menimbulkan AIDS pada manusia. Gumboro memang tidak menyebabkan kematian secara langsung pada ayam, tetapi infeksi sekunder yang mengikutinya mengakibatkan kematian yang cepat.

Secara umum penyakit ini terbagi dua, yaitu gumboro klinik dan sub klinik. Gumboro klinik menyerang anak ayam berumur 3—7 minggu. Pada fase ini serangan terhadap kekebalan hanya bersifat sementara, antara 2— 3 minggu. Gumboro subklinik menyerang anak ayam berumur 0—3 minggu. Penyakit ini yang paling menakutkan. Sifat kekebalan ayam bisa hilang secara permanen, sehingga ayam mudah terserang penyakit (infeksi sekunder).

Penyebab peayakit gumboro adalah virus IBD (Infection Bursal Diseases), yang tergolong red virus. Dalam tubuh ayam, virus ini dapat bertahan hidup lebih dari 3 bulan, kemudian berkembang menjadi infektif (menyebabkan infeksi). Cara penanggulangannya dengan vaksinasi dan sanitasi kandang.

  • Gejala penyakit gumboro sebagai berikut.
  • Diare dan rinja berlendir.
  • Nafsu makan dan minum menurun.
  • Kerika berdiri ayam gemetar.
  • Terdapat bulu kotor di sekitar anus, sehingga terjadi perilaku suka mematuk dubur.
  • Peradangan di sekitar dubur atau kloaka.

Vaksin untuk pencegahannya adalah vaksin aktif gumboro pada umur ayam 1 hari. Vaksin lanjutan diberikan ketika ayam berumur 11 hari dengan vaksin gabungan gumboro aktif dan in-aktif. Vaksinasi berikutnva dilakukan pada umur 21 hari, 6 minggu, dan 10 minggu dengan vaksin gumboro aktif (Gumboral CT). Rila perlu, vaksinasi diulang ketika ayam berumur 40 minggu. Selain itu, sanitasi kandang perlu mendapat perhatian serius.

Marek (Leukosis Akuta)

Penyakit ini timbul akibat kontak langsung dengan ayam penderita. Serangannya banyak terjadi pada anak ayam berusia 3-10 minggu. Umur 8-9 minggu merupakan masa paling rawan terserang penyakit ini. Penularannya bisa juga melalui debu kandang atau litteryang kotor. Penyebab marek ialah virus tipe DNA yang tergolong herpes ripe B. Gejalanya sebagai berikut.

  • jengger berwarna pucat.
  • Sayap lumpuh atau menjuntai ke bawah.
  • Mata berwarna gelap bahkan terkadang terjadi kebutaan pada serangan yang paiah.
  • Terjadi tumor di bawah kulit atau otot.
  • Bila dilakukan otopsi, hatinya menjadi lebih besar. Penanggulangan penyakit ini dilakukan dengan cara vaksinasi sejak

DOC berumur 1 hari dengan vaksin Cryomarex HVT atau Cryomarex Rispens. Ayam yang terserang sebaiknya dimusnahkan sejak awal sebelum mcnularkan ke ayam yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *