Kanker yang kisarnya merenggut nyawa seperlima dari semua penduduk

Reading time:

kanker-hati1Negeri industri adalah tantangan kedua bagi kesehatan Meskipun terutama mengancam orang-orang tua, kanker ada kalanya juga menyerang orang muda; dan di beberapa negara ia sekarang merupakan penyakit yang paling berbahaya bagi anak-anak. Pada puncak kemaharajaan, orang Romawi pukul rata hidup tigapuluh tahun. Sekitar tahun 1930-an, harapan hidup bagi tiap bayi di Afrika, Asia, dan Amerika Latin juga tigapuluh dua tahun. Tapi di seluruh negara berkembang dalam limabelas tahun setelah Perang Dunia II, tingkat-tingkat mortalitas menurun sementara harapan hidup meningkat dengan kecepatan yang tak terimbangi dalam sejarah Eropa dan Amerika Utara. Harapan hidup rata-rata bayi di negara-negara berkembang kini telah mencapai limapuluh tahun.

Lonjakan yang terjal dalam hal harapan hidup di negara-negara berkembang berlangsung pada jaman kedokteran modern, tapi sebagian besar peneliti menyatakan bahwa di sini sumbangan cara-cara perawatan kedokteran itu sendiri tidaklah berarti betul. Memang benar bahwa DDT telah memberantas malaria dari beberapa kawasan, dan vaksin membunyikan lonceng kematian bagi penyakit cacar; dan memang benar bahwa obat-obat antibiotika jelas telah membantu pengobatan beberapa penyakit menular. Akan tetapi, teknologi kedokteran modern hanyalah menjamah segelintir orang sehingga kemajuannya sulit sekali untuk dikatakan sebagai penyebab dari perkembangan-perkembangan dramatis di bidang kesehatan.

Sebagai gantinya, ada kemungkinan bahwa justru berbagai perubahan sosial dan ekonomi yang lebih umum itulah yang telah menurunkan tingkat mortalitas di kalangan orang miskin, seperti yang jugaterjadi di Fropa dan Amerika Utara di awal abad keduapuluh. Misalnya, nutrisi yang lebih baik – hasil kemajuan pertanian serta alat-alat pengangkutan dan komunikasi – tak bisa dibantah telah mengurangi tingkat mortalitas. Persediaan air dan fasilitas sanitasi yang telah berkembang ternyata juga memperpanjang usia. Suatu proses I’modernisasi” yang tidak bisa dirumuskan namun telah memperluas pendidikan, mengakibatkan perluasan pendidikan, pesawat radio, dan gagasan-gagasan modern mengenai ilmu kesehatan peroranganjuga punya pengaruh atas kesehatan. Yang mungkin paling berarti ialah bahwa perkembangan ekonomi – betapapun tak meratanya – telah menaikkan pendapatan dan mengalihkan pandangan dunia dari bermilyar-milyar orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *