Mengenali Gejala Herpes di Bibir Luar dan Cara Mengatasinya

Reading time:

Herpes Di Bibir Luar – Apa yang menjadi penyebab Herpes di bibir dan mulut ini, hal ini disebabkan oleh virus yang mudah menular. Untuk itulah, penting sekali mengenali gejala-gejalanya untuk bisa menghindari penularan serta bias mengatasinya dengan tepat.

herpes di bibir luar

Virus yang menjadi penyebab herpes pada bibir dan mulut ini sangatlah mudah menular melalui kontak langsung. Kontak langsung yang dapat menularkan herpes oral termasuk memakai alat makan dan pelembap bibir bersama-sama, serta saat berciuman. Penyebaran virus ini akan lebih cepat ketika luka pecah dan terbuka.
Mengenali herpes pada bibir dan juga mulut dan cara mengatasinya.

Gejala – Gejala Yang Akan di Timbulkan

Sebelum kita membahas tentang gejala herpes oral ini, perlu di ketahui bahwasanya virus yang masuk ke tubuh perlu waktu hingga bisa menimbulkan gejala yang disebut dengan masa inkubasi. Pada Masa inkubasi ini virus herpes mulut yaitu 2-12 hari tapi kebanyakan orang mengalami gejala ini pada waktu 4 hari sesudah terinfeksi.
Tanda-tanda serta gejala herpes mulut berlangsung sampai 2-3 minggu diawali dengan nyeri otot, demam, kelelahan, serta lebih sensitif.

Herpes oral (Herpes di bibir luar dan mulut) disebabkan virus herpes simpleks tipe 1. Gejala sendiri antara lain yaitu luka yang berasa sakit di kedua bagian bibir serta bisa terasa sampai ke lidah, gusi, langit-langit mulut, dan bagian dalam pipi.

Selain itu, herpes oral bisa juga menyebabkan luka pada leher, pipi, ataupun bagian wajah lainnya. Untuk sebagian orang, herpes oral ini bisa memicu gejala lain seperti otot nyeri dan demam.

Penderita herpes pada bibir dserta mulut bisa melalui tiga tahapan saat terinfeksi. Pertama di saat virusnya memasuki jaringan mukosa mulut ataupun kulit melalui luka kecil. lalu virus bisa mulai bereproduksi, sehingga untuk penderita mulai mengalami gejala gejala seperti demam, luka di bibir, dan gejala lain. Terkadang juga pada tahap ini tidak akan menimbulkan gejala gejala, jadi orang terinfeksi tidak bisa mengetahui bahwa dirinya sendiri sudah terinfeksi virus ini.

Tahap kedua Berpindahnya virus di jaringan saraf tulang belakang. Untuk saat ini, virus masih terus untuk memperbanyak diri, tapitidak aktif. Tahap ketiga yaitu herpes kembali menimbulkan luka dan gejala lain, Saat tubuh penderita tekanan fisik ataupun emosionalnya terganggu.

Berikut ini merupakan gejala gejala herpes pada mulut dan juga tanda-tanda herpes oral yang perlu anda ketahui:

  • Gelembung-gelembung bisa pecah dan juga dapat menimbulkan luka merah pada kulit. Beberapa hari, luka tersebut bisa berbentuk seperti kopengan, mengering serta terlihat menguning.
  • Timbulnya luka pada area mulut terasa nyeri sehingga cukup menyulitkan penderitanya ketika saat makan dan juga minum. Luka ini bisa muncul di gusi, bibir, depan lidah, tenggorokan, dalam pipi, dan juga langit-langit mulut. Luka ini bisa menyebar sampai pipi dan juga leher. Gusi ini akan terlihat merah, bengkak, dan juga dapat terjadi pendarahan gusi
  • Rasa nyeri, rasa kesemutan, rasa terbakar, dan juga rasa gatal bisa terjadi di area yang terinfeksi sebelum adanya luka di mulut muncul
  • Untuk usia remaja serta umur 20 tahunan, infeksi virus ini bisa menyebakan sakit ternggorokan serta amandel dengan warna keabu-abuan.
  • Pembengkakan terjadi pada kelenjar limfa leher dan akan terasa sakit

Cara Mengatasinya Herpes di Bibir Luar

Untuk dapat menentukan benar tidaknya seseorang mengalami herpes pada bibir luar dan mulut, maka perlunya dilakukan pemeriksaan fisik kedokter. Kemungkinan dokter bisa meminta dilakukanya pemeriksaan kultur virus guna memastikannya. Untuk bisa melakukan hal ini, bisa diambil contoh cairan dari luka yang ada.

Penanganan herpes di bibir bagian luar ini terutama bisa membantu meringankan gejala – gejala dan juga luka yang timbul. Sampai saat ini belum adanya obat untuk bisa virus ini.

Beberapa pilihan obat umumnya bisa digunakan guna mengatasi herpes antara lain famciclovir, acyclovir, dan valacyclovir. Selain dapat meringankan gejala, obat herpes ini bisa membantu menekan risiko penyebaran penderita terhadap orang lain di sekitarnya. Selain obat herpes alami yang diminum saja, ada juga jenis obat herpes yang bisa dioles ataupun disuntik.

Pemakaian obat juga akan dibantu dengan menjaga kondisi dari bibir dan mulut supaya tetap bersih. Anda bisa memakai kain hangat ataupun dingin guna meringankan rasa nyeri. Apabila perlu, minum obat untuk pereda nyeri.

Kami sarankan untuk menghindari minuman hangat ataupun makanan pedas serta asin selama beberapa waktu. Tundalah mengonsumsi jeruk ataupun buah asam selama gejala – gejala herpes pada bibir dan mulut terasa.

Upaya Untuk Mencegah Penularan Herpes Pada Bibir Luar

Virus herpes ini selain bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman dan infeksi pada mata juga bisa menimbulkan bintik gatal yang berisi air pada sekitar mulut Anda. Penanganan salah saat hal ini terjadi di area sekitar mulut bisa saja semakin memperparah bintik-bintik yang di timbulkanya. Berikut adalah hal yang patut di lakukan saat gangguan ini muncul :

  • Jaga pola makan, Istirahat cukup, dan juga mengkonsumsi vitamin C, B12, dan E bisa mengobati penyakit ini.
  • Jangan sampai membiarkan diri Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini hanya akan memperparah penyakit Anda.
  • Hindarilah pemakaian handuk, make up, ataupun alat lain yang pemakaiannya bersama-sama. Sebab Anda bisa menulari, Anda juga dapat tertular yang semakin memperparah kondisi Anda.
  • Ketika merasa bahwa bintik-bintik terasa gatal, jangan sampai digaruk. Sebaiknya oleskan saja es pada daerah tersebut guna mencegah gatal.
  • Oleskanlah tea tree oilnya di atasnya untuk bisa meredakan bintik satu ini.
  • Janganlah pernah menyentuh bintik ini secara langsung karena penyakit ini mudah sekali menular saat tidak sering mencuci tangan sampai bersih.
  • Gunakanlah campuran air lemon, garam, dan juga susu untuk mengobatinya. Oleskanlah ramuan ini 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Virus herpes memang sangat mudah sekali untuk menular. karena itulah terapkan tips di atas tadi agar virusnya segera hilang dan tidak sempat untuk tersebar.

Herpes ini tidak dapat disembuhkan, sehingga penting sekali untuk bias tahu cara mencegahnya. Dianjurkan untuk menghindari pemakaian benda – benda bersama yang ada kontak langsung seperti alat makan, makeup, gelas, pelembap bibir atau benda lain.

Hindarilah melakukan hubungan seks pada mereka penderita herpes aktif. Herpes pada mulut dan juga bibir memiliki kemungkinan untuk tertular pada kelamin apabila penderitanya melakukan seks oral. Perempuan hamil terjangkit herpes, disarankan berkonsultasi dengan segera ke dokter untuk mengonsumsi obat guna mencegah penularan terhadap janin anda.

Walau semua usia kemungkinan dapat terkena herpes oral, Tapi anak-anak merupakan golongan paling berisiko apabila terjadi kontak secara langsung dengan orang dewasa yang menderita herpes. Virus ini berdiam pada tubuh anak-anak sampai mereka dewasa.

Apabila Anda ataupun anggota keluarga mencurigai tertular herpes pada bibir dan juga mulut, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *