Cara Mengambil Telur Ayam

Reading time:

Cara Mengambil Telur Ayam

Jika pemeliharaannya baik dan kualitasnya baik maka dari itu Pemberian Vaksinasi Untuk Ayam selalu di lakukan dan janga sampai ayam mengalami sakit, ayam poncin mulai bertelur pada usia 4,5 bulan. Namun, pada usia ini produktivitasnya masih jelek. Telur yang dihasilkan masih sedikit dan tidak rutin. Umur 5 bulan merupakan umur saat ayam baru belajar bertelur. Setelah berumur enam bulan, jika ransumnya baik, ayam akan bertelur secara rutin. Sejak saat inilah ayam memasuki masa bertelur secara produktif. Dalam setahun produksi telurnya bisa mencapai 85%. Artinya, dalam setahun, ayam menghasilkan 290 butir lebih telur atau ayam bertelur hampir setiap hari sekali. Produktivitas ini bisa kontinu jika cara pemeliharaannya tepat.

Pada saat pengambilan telur harus diingat bahwa telur adalah benda yang mudah rusak atau pecah. Walaupun kualitas fisik telur ayam buras lebih baik dibandingkan dengan telur ayam ras, tetap dibutuhkan kehati-hatian dalam mengambilnya. Artinya, pemanenan harus dilakukan dengan hati-hati. Telur yang pecah tentu saja akan sulit dilempar ke pasar. Kalaupun terjual dianggap sebagai telur afkir yang harganya tentu saja lebih murah. Untuk mendapatkan harga yang bagus diperlukan standardisasi. Standardisasi tersebut menyangkut mum, berat, keutuh, dan kebersihan kulit telur. Berdasarkan kriteria itu, telur dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kualitas. Telur yang berkualitas baik tentunya mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan yang berkualitas lebih jelek.

Jika akan dijual ke pasar, pengemasan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pengemasan yang baik, selain menccgah lelur pecah, juga memudahkan pengangkutan. Secara tradisional, telur dikemas dalam kotak kayu yang diberi jerami. Cara ini memang mudah, tetapi kurang aman. Cara lerbidk adalah mendesain kantung khusus untuk meletakkan telur. Dengan cara ini, telur dikemas rapi dan aman, walaupun harus menyediakan biaya khusus. Untuk pasar premium (pasar swalayan dan supermarket), pengemasan ini telah menjadi standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *