Bising pada kardio respiratorik

Reading time:

Bising ini adalah bising sistolik yang bangkit oleh karena jaringan paru tertekan oleh jantung pada tiap kontraksi. Bising ini terdengar lemah bila pasien menarik nafas lebih dalam atau mengeluarkan nafas lebih kuat daripada biasa.

Bising pergesekan perikardium.

Bising ini adalah sistolik dan diastolik dan terdengar pada suatu tempat di prekordium. Bising ini dapat disalahtafsirkan sebagai kreptisasi paru akibat perlekatan pleura, cara membedakannya ialah bahwa pada krepitasi pergesek” an pleura berhenti apabila penderita menahan nafas. Bising pergesekan perikardium bunyinya kasar dan seirama dengan denyutan jantung.

PEMERIKSAAN ABDOMEN

Abdomen atau perut mencakup bagian tubuh dari arkus kostal sampai garis lipat paha. Abdomen dibagi dalam 9 bagian sehingga lokalisasi nyeri, spasme otot, tumor dan tanda2 atau gejala2 lainnya bisa ditentukan menurut kawasan2 tersebut.

Sebagaimana kita bisa membuat proyeksi brgan2 pada permukaan dada. maka kita juga bisa memproyeksikan organ2 rongga perut pada permukaan abdomen. Proyeksi ini tidak geeksak proyeksi pada permukaan dada, oleh karena organ2 di dalam abdomen lebih mudah tergeser. Namun demikian, dalam garis besarnya dapat kita memproyeksikan beberapa organ. yaitu :

(a) hati atau hepar yang berada di daerah epigastrum dan di daerah hipokhondriumkanan,

(b) lambung yang berada di daerah epigastrium,

(c) limpa yang mempunyai kedudukan di daerah hipokhondrium kiri,

(d) kandung empedu atau vesika feles sering kali berada pada perbatasan daerah hiboktronrliium kanan dan epigastrium dan

(e)kandung kencing yang penuh dan uterus pada orang hamil dapat teraba di daerah hipogastrium, sedangkan

(f) apendiks berada di daerah antara daerah iliaka kanan, lumbal kanan dan bagian bawah daerah umbilikas.

Apabila kita mengambil umbilikus sebagai patokan, maka dapat kita katakan bahwa proyeksi bifurkasio aorta berada kira2 2 cm di bawah dan sedikit sebelah kiri umbilikus. Oleh karena kedudukan pusat tidak tetap maka sebenarnya umbilikus tidak boleh dipakai sebagai patokan. Patokan ini secara kasar berlaku pada orang2 yang perutnya tidak besar.

Demikian dapat kita proyeksikan percabangan arteria renalis setinggi 10 cm di atas pusat, percabangan arteria iliaka pada pertengahan pusat dan tepi atas os pubis, sedangkan pada pertengahan pusat dan prokesus sifoideus terdapat proyeksi pilorus.Baca info detil mengenai pengobatan diabetes melitus secara medis yang paling efektif hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *